Warta Games - Permainan komputer ini menghilangkan sejatinya tabiat games
Sejak lama dituduh memberi kontribusi besar terhadap remaja yang mengisolasi diri, games komputer kini dijadikan salah satu sarana untuk menyembuhkan depresi pada orang dewasa.
Games komputer ini tidak lagi diprogram untuk permainan yang merusak, video SPARX yang dikembangkan oleh programer Selandia Baru, mencoba mengajarkan cara bagaimana menghalau depresi, menggunakan pendekatan psikologi, yang dikenal dengan cognitive behaviour therapy (CBT).
Permainan komputer ini menghilangkan sejatinya tabiat games. Dimana remaja biasanya menolak untuk mencari bantuan konseling, dan bosan dengan terapi untuk menyembuhkan depresi.
Desainer games ini, Saly Merry, seorang psikiatris dari Auckland University mengatakan, pendekatan yang tidak konvensional ini, terbukti populer di kalangan remaja. Mereka memiliki privasi dan menghadapi masalah sendiri.
"Ada berhadapan dengan masalah kesehatan mental dan tidak menghadapinya dengan serius," katanya.
"Terapi depresi tidak lagi membosankan namun kini menyenangkan."
Tingkat bunuh diri remaja di Selandia Baru termasuk yang tertinggi di negara maju. Merry mengatakan pengobatan depresi ini akan dapat diakses semudah mungkin.
Games obat depresi ini terdiri dari tujuh tingkatan, dimainkan sekitar 35-40 menit. Waktu yang sama yang dibutuhkan untuk konseling.
Secara klinik, game sini telah diuji coba dan hasilnya dipublikasikan di British Medical Journal.
Games ini mendapat penghargaan dari UN World Summit Award. Mulai diperkenalkan di Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia.
Negara-negara yang berbicara non Inggris, tengah menunggu program hasil penterjemahan
Namun Merry mengatakan SPARX tidak selalu cocok untuk semua depresi. Terutama yang dalam katagori berat dan gangguan mental.
Sumber