Warta Berita Indonesia - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menilai saat ini banyak bisnis kreatif yang maju sangat pesat karena menggunakan teknologi baru untuk media promosi dan marketing, seperti internet.
"Maicih itu marketingnya melalui Twitter dan ini sangat berhasil. Go Jek, ojek selevel Blue Bird yang ada standardnya, bersih, rapi sopan, ini karena mengikuti perkembangan teknologi informasi baru," ungkap Mari dalam seminar MP3EI di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (25/7/2012).
Mari menyebutkan saat ini hampir 30 juta masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet. Sedangkan hampir 10 persen yang menggunakan smartphone.
"Ke depannya, 240 juta rakyat Indonesia terkoneksi internet," ujar Mari.
Mari melihat tren ini dapat terlihat dengan banyaknya masyarakat yang mulai aktif di media sosial.
"Indonesia itu nomor 4 pengguna Facebook, turun dari peringkat 2, itu sekitar 44 juta di Indonesia. Twitter kita nomor 5 pengguna Twitter, hampir 20,8 juta, trending topic sering," ungkapnya.
Tren inilah yang harus dimanfaatkan betul bagi para pengusaha kreatif guna memasarkan produknya. Namun, tambah Mari, tren ini juga menjadi PR bagi pemerintah untuk menyiapkan infrastrukturnya.
"Jadi PR pemerintah untuk menyediakan broadband infrastruktur," tandasnya.